Home » Lain » Trik Si Tikus Peramal

Trik Si Tikus Peramal

The Mouse

Hallo kawan!

Beberapa saat yang lalu saya baru saja mengunjungi blog teman saya dan mendapatkan suatu game seru berbau matematika, namanya “Magic Gopher”. Ya ini semacam game tebak angka dimana kita disuruh memikirkan suatu bilangan dua digit yang nantinya tikus dalam game tersebut yang bergaya layaknya seorang peramal akan dapat menebak angka yang kita pikirkan.

Penasaran? Silahkan klik di sini untuk mulai bermain.

Bagaimana? sudah dicoba game-nya?
Bagi yang pertama kali bermain game ini pasti akan kagum dengan Si Tikus peramal ini. Tapi pertanyaannya, Bagaimana Tikus ini bisa menebaknya?? Ada yang tahu??

Awalnya kita disuruh memikirkan bilangan dua digit. Kemudian kedua digitnya dijumlahkan. Setelah itu bilangan dua digit itu dikurang dengan jumlah jumlah kedua digitnya tadi yang hasilnya kita cocokkan dengan simbol pada tabel yang ada pada game. Setelah itu Si Tikus menebak simbolnya. Simsalabim! Simbolnya tertebak dan selalu benar (Kecuali jika anda salah hitung).

Saya penasaran bagaimana cara Tikus ini menebak, akhirnya saya coba cari tahu dengan menerapkan matematika. Alhasil saya berhasil menemukan trik yang dipakai Si Tikus. Anda ingin tahu? berikut penjelasannya.

Awalnya kita disuruh memikirkan sebuah bilangan dua digit misalkan bilangan itu kita simbolkan \underline { ab } untuk bilangan dua digit dengan digit-gigitnya a dan b.
Atau dapat kita tulis \underline { ab } = 10a + b dimana a dan b adalah bilangan asli kurang dari 10.
Kemudian kedua digitnya dijumlahkan sehingga kita hitung a + b.
Setelah itu bilangan dua digit tersebut dikurang dengan jumlah kedua digitnya, maka
10a + b - (a + b) = 10a + b - a - b = 9a

Terlihat hasilnya adalah 9a, dari sini dapat kita simpulkan bahwa hasilnya pasti merupakan kelipatan sembilan. Dapat anda lihat pada tabel simbolnya bahwa simbol untuk bilangan kelipatan sembilan (9, 18, 27, dst) selalu sama. Apabila kita pilih belangan dengan digit awal 1 atau suatu bilangan belasan, hasilnya pasti adalah 9. apabila digit awalnya 2 atau bilangan 20-an hasilnya pasti 18, begitulah seterusnya. Si Tikus hanya perlu memberikan simbol yang sama untuk setiap bilangan kelipatan 9 sehingga simbol yang kita pikirkan itu pasti merupakan hasilnya.

Jadi terbongkar sudah trik Si Tikus meramal simbol yang kita pikirkan. Terbukti ini bukan sulap atau sihir, ini hanya matematika. Masih banyak lagi games-games lain sejenis tebak-tebakan atau yang lain yang terkadang membuat kita kagum ternyata hanyalah sebuah permainan matematika. Jadi jangan terlalu cepat kagum dengan tebakan-tebakan seseorang karena pasti ada trik di dalamnya. Bahkan Anda dapat membuat game sendiri dengan trik Anda sendiri dengan menerapkan matematika. Menyenangkan bukan? Tentu saja karena Mathematics is fun.

Sumber :
http://tiwisitemath.wordpress.com/2013/02/25/mouseamazing-mind-reader/

http://www.freewebs.com/mathesony/-%20Miracle%20Math%20Power/magic-gopher-central.swf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s